Wednesday, January 11, 2023

Termodinamika

  Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP

Mata Pelajaran         : Fisika

Kelas                        : XI IPA 5 jam ke 9 dan 10

Kompetensi Dasar : KD 3.7 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika'

KD 4.7 Membuat karya atau model penerapan hukum I dan II Termodinamika berikut presentasi makna fisisnya'

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: Menganalisis pengukuran suhu badan dengan termometer (Hukum ke-Nol) melalui pengamatan, menganalisis gerakan piston pada motor bakar (Hukum I Termodinamika) dan entropi melalui pengamatan,  menjelaskan hasil pengamatan terkait Hukum ke-Nol, Hukum I dan II Termodinamika,   merancang pemecahan masalah tentang siklus mesin kalor, siklus Carnot sampai dengan teori Clausius Clayperon), entropi, menganalisis hubungan tekanan (P), volume (V) dan suhu (T) dari mesin kalor dan siklus Carnot dalam diagram P-V,  mempresentasikan hasil penyelesaian masalah tentang siklus mesin kalor,  mempresentasikan hasil penyelesaian masalah tentang siklus Carnot sampai dengan teori Clausius-Clayperon,  mempresentasikan hasil penyelesaian masalah tentang grafik p-V dari siklus mesin kalor dan mesin Carnot

 Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Assalamu'alaikum wr.wb.. Kita lanjut belajar termodinamika di buku Halaman 174-178

2.Kemudian Siswa membaca buku di halaman 174-178

3. Berdiskusi dengan peserta didik dengan mengamati power point dan membahas soal

4. Sebagai tugas akhir pewmbelajaran bersama siswa membahas soal, Penilaian diberikan saat keaktifan siswa dalam membahas soal

5. Penutup Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini Hukum I Termodinamika dan Hukum II Termodinamika.


























































No comments:

Post a Comment