Tuesday, January 10, 2023

Lanjut materi Relativitas khusus

 Guru Mata Pelajaran : Roudatul jannah, SP

 Mata Pelajaran          : Fisika

 Kelas                          : XII IPA 2 Jam ke 1 dan 2

 Kompetensi Dasar      :  KD 3.7 Menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dan energi dalam teori relativitas khusus.

KD 4.7 Mempresentasikan konseprelativitas panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energi.ujuan Pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran :

Setelah pembelajaran ini dengan metode discovery Learning siswa mampu menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dan energi dalam teori relativitas khusus;

Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Mengucapkan salam, mengabsen siswa

2. Membuka buku siswa Halaman 201-205

3. Berdiskusi membahas soal dan permasalahannya

4. Penilaian dilihat dari keaktifan siswa pada diskusi pembahasan soal

5. Guru dan siswa menyimpulkan materi pada transformasi Lorentz

1. Transformasi Lorentz

•Jika ada dua kerangka dan kerangka kedua tersebut bergerak dengan arah x dengan kecepatan v yang tetap terhadap yang pertama, maka akan diperoleh :


Jika ada dua kerangka dan kerangka kedua tersebut bergerak dengan arah x dengan kecepatan v yang tetap terhadap yang pertama, maka akan diperoleh :

a. Kontraksi Lorentz

•Panjang benda yang diamati oleh pengamat yang bergerak terhadal L’ akan lebih kecil/pendek daripada oleh pengamat yang diam atau ada bersama-sama dengannya. 3. Akibat Prinsip Relativitas Khusus

Jika m dan m0 masing-masing menyatakan massa benda dalam keadaan bergerak dengan laju v dan massa pada saat diam. Maka hubungan antara keduanya dinyatakan :

3.






1.Seorang pengamat di stasiun ruang angkasa mengamati adanya dua pesawat antariksa A dan B yang datang menuju stasiun tersebut dari arah yang berlawanan dengan laju vA = vB = ¾ c (c adalah cepat rambat cahaya). Kelajuan pesawat A menurut pilot pesawat B adalah…

2.Panjang benda diukur pengamat yang diam = 12 m. Berapakah panjang benda itu bila diukur oleh pengamat yang bergerak dengan kecepatan 0,8 c (c = kecepatan cahaya) relatif terhadap benda?

3.Panjang benda diukur saat bergerak menyusut 20 cm dari panjangnya saat diukur dalam keadaan diam. Bila panjang benda diukur dalam keadaan diam panjangnya 1 m dan c = kecepatan cahaya, maka kecepatan gerak benda adalah...



No comments:

Post a Comment