Tuesday, January 3, 2023

Relativitas Khusus

 Guru Mata Pelajaran : Roudatul jannah, SP

 Mata Pelajaran          : Fisika

 Kelas                          : XII IPA 2 Jam ke 1 dan 2

 Kompetensi Dasar      :  KD 3.7 Menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dan energi dalam teori relativitas khusus.

KD 4.7 Mempresentasikan konseprelativitas panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energi.ujuan Pembelajaran :

Setelah pembelajaran ini dengan metode discovery Learning siswa mampu menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dan energi dalam teori relativitas khusus;

Assalamu'alaikum wr. wb. Hari ini kita belajar Relativitas khusus di buku bab 7 Halaman 190.


A. Teori Relativitas Khusus

Teori relativitas khusus didasarkan pada dua postulat Einstein, yaitu sebagai berikut:

1.Hukum fisika dapat dinyatakan dalam bentuk matematis yang sama, meskipun diamati dari kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap terhadap kerangka acuan yang lain.

2.Kelajuan cahaya dalam ruang hampa adalah konstan untuk semua pengamat, tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamat.

1. Relativitas Kecepatan

Tidak ada kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya. Rumus penjumlahan kecepatan relativitas ialah sebagai berikut.



2. Relativitas Panjang

Menurut teori ini, jika benda bergerak mendekati kecepatan cahaya, maka panjang benda seolah-olah tampak memendek (kontraksi panjang). Apabila diukur oleh pengamat yang diam terhadap benda tersebut, relativitas panjang bisa dirumuskan sebagai berikut:




No comments:

Post a Comment