Wednesday, August 30, 2023

Praktikum titik berat

 Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah

 Mata Pelajaran         : Fisika

 Kelas                        : XI IPA 1 jam 5 dan 6 dan XI IPA 3 jam ke 9 dan 10

Kompetensi Dasar      : KD 3.1 .        Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga

KD 4..1             Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

A.      Tujuan Pembelajaran

Dengan menggunakan pembelajarana Discovery Learning  peserta didik diharapkan dapat:

Mendefinisikan momen gaya melalui pengamatan demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda, Menerapkann keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya, Menerapkan konsep momen inersia, dinamika rotasi, Menerapkan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi, Mengolah data hasil percobaan ke dalam grafik, Menentukan persamaan grafik, Menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar, Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat, Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar, Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat, Dengan penuh tanggung jawab, displin dan rasa jujur.


Assalamu'alaikum wr.wb, Mari kita belajar praktikum titik berat Ya nak.


PRAKTIKUM TITIK BERAT

 

A.      Kelompok               :

B.      Tujuan Praktikum : Menentukkan koordinat titik Berat pada bangun yang beraturan, dan bangun tidak beraturan pada bangun dua dimensi dan tiga dimensi

C.      Alat dan Bahan    : 1. Karton    2.  Benang    3.  Gunting   4.  Penggaris   5. Jarum

                   6. starafom

       D.  Prosedur Kerja     :

1.  Buatlah grafik sepanjang sumbu x= 20 cm, dan sumbu y= 25 cm, seperti gambar beraturan!

      y

                             x

2. Buatlah bangun yang tidak beraturan (bebas) di dalam grafik tersebut, tentukan koordinat  titik berat secara acak , temple stelefom, setelah digunting dari tempat tersebut

                      (x1,y1)

                 W1           w2 (x2,y2)

                                            W3(x3,y3)

3. Tarik diagonal masing-masing dari tiga titik sembarang  Apakah sama dengan perhitungan; (teori)        ;      xo = m1x1  + m2x2  + m3x3/m1 +m2 +m3

                           Yo = m1y1  + m2y2  + m3y3/m1 +m2 +m3

4.  Pekerjaan yang sama pada bangun beraturan   Apakah sama dengan perhitungan;

                Y                                          (teori)        ;      xo = m1x1  + m2x2  + m3x3/m1 +m2 +m3

                W1          Yo = m1y1 w3                               yo= m1y1 +  m2y2  + m3y3/m1 +m2 +m3

                                      W2                 x

Kesimpulan dari Praktikum ................

 

 

No comments:

Post a Comment