Monday, February 20, 2023

Contoh dan Latihan Gelombang Bunyi

 Guru Mata Pelajaran  : Roudatul Jannah, SP

 Mata Pelajaran           : Fisika

 Kelas                          : XI IPA 4 jam ke 3 dan 4

 Kompetensi Dasar      : KD 3.10 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi

KD 4.10 Melakukan percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil percobaan dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti proses pembelajaran, Discovery Learning  peserta didik diharapkan dapat:  Memahami penggunaan gelombang sonar  di laut, bunyi dan permasalahannya, karakteristik cahaya, difraksi, dan interferensi, menjelaskan tentang cepat rambat bunyi, azas Doppler, menjelaskan tentang intensitas bunyi, difraksi kisi, interferensi, melaksanakan percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa, menyelidiki pola difraksi, dan interferensi,  presentasi hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi, azas Doppler, intensitas bunyi, dawai, pipa organa, difraksi kisi dan interferensi,.


1. Sebuah petir terdengar 4 s setelah kilat terlihat di langit. berapakah jarak petir tersebut dari kita jika kecepatan bunyi di udara 330 m/s?

Penyelesaian:
Diketahui:
t = 4 s
v = 330 m/s
Ditanya:   s = .... ?
Jawab:
s = v . t = 330 . 4 = 1.320 m
Jadi jarak petir tersebut adalah 1.320 m

3. Berapakah cepat rambat gelombang bunyi dalam batang logam yang terbuat dari baja jika diketahui modulus young baja adalah 2,0 x 1011 Pa dan massa jenisnya 7,8 x 103 kg/m3?
Penyelesaian:
Diketahui:
E = 2,0 x 1011 Pa
ρ = 7,8 x 103 kg/m3 
Ditanya:   v = .... ? 
Jawab:
Jadi besar cepat rambatnya adalah 5064 m/s.

3. Sebuah garpu tala yang diam, bergetar dengan frekuensi 384 hz. Seorang anak yang berlari menjauhi garpu tala mendengar frekuensi garpu tala tersebut 380Hz. Kecepatan rambat bunyi di udara 320 m/s. Tentukan kecepatan anak tersebut?
Penyelesaian
Diketahui:
Garpu tala yang diam berperan sebagai sumber, sehingga:
vs = 0
fs = 384 Hz
fp = 380 m/s
v = 320 m/s
Anak menjauhi sumber berarti vp (-)
Ditanya:   vp = .... ?
Jawab:
Jadi kecepatan anak tersebuut adalah 3,33 m/s.

Kerjakan Latihan evaluasi bab 8 halaman 208 soal no 1-9 TERIMAKASIH






No comments:

Post a Comment