Monday, November 1, 2021

Contoh dan Latihan Kemagnetan

Guru Mata Pelajaran    : Roudatul Jannah, SP

 Mata Pelajaran             : Fisika

 Kelas                           : XII IPA  1 jam ke 5 dan 6 jam 09.15- 10.00 sesi I dan Sesi II 13-15-14.00  

                                       Tatap Muka Terbatas                                                                                                     

 KD  3.3          Menganalisis medan magnetik, induksi magnetik, dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi

KD 4,3  Melakukan percobaan tentang induksi magnetik dan gaya magnetik disekitar kawat berarus listrik berikut presentasi hasilnya





  9. Partikel bermuatan q bergerak dengan kecepatan v dalam suatu ruangan bermedan magnet B yang saling tegak lurus, partikel tersebut mengalami gaya lorenz sebesar F, jika pada partikel lain yang bermuatan 4q dan bergerak dua kali lebih cepat dalam ruang yang sama maka besar gaya lorenz yang dialami partikel kedua adalah   A 2 F   B. 4 F    c. 6 F    D. 8F      E. 10 F

Jawabannya  F = gaya lorenz

                        = B.q.v sin α     jika q2 = 4q    v2 = 2v

 maka F2 adalah  F 1/F2 =  B.q.v sinα/ B 4q. 2v sinα

                               F2      = 8F         Jawab D

10. Kawat lurus memiliki panjang 120 cm, dilalui arus searah 0,25 Ampere, jika ruang tersebut dipengaruhi medan magnet 0,5 Tdalam arah tegak lurus maka besar gaya lorenz yang dialami kawat adalah...

  1. 0,15N   B. 0,30N     C. 0,60N   D. 1,20 N    E. 1,50 N

Jawab   : Dik l= 120 cm  = 1,2 m   i = 0,25A   B = 0,5 T secara tegak lurus α= 90

Dit F ?  F = B. i. L sin α

                 = 0,5 . 0,25. 1,2 sin 90 = 0,15 N

Jawabannya A

11. Medan magnetik di pusat solenoida yang panjangnya 16 cm, jari-jari 6 cm dan 100 lilitan yang mengalirkan arus listrik 4 A adalah

  1. 6,28 x 10-3 T
  2. 3,14 x 10-3 T
  3. 628 T
  4. 6,28 x 10-3T
  5. 31,4 x 10-3 T

Jawaban  B =µ x i x N/l= 4π x 10-7 x 4 x100/0,16

                  = 3,14 x 10-3  T  

Jawabannya B

KERJAKAN LATIHAN HALAMAN 101 no 15-16                                  







No comments:

Post a Comment