Thursday, February 23, 2023

Kisi-kisi LUS Fisika

 Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP

 Mata Pelajaran          : Fisika

 Kelas                         : XII IPA 1-2


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Jenjang Pendidikan     : SMA

Mata Pelajaran            FISIKA

Program                       MIPA

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Level

Kelas

Indikator soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

1.

3.1 Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis, ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah

Alat-AlatUkur

 

2

X

Disajikan gambar hasilpengukurandenganjangkasorong, siswadapatmenentukanhasilpengukurandenganjangkasorong.

 

PG

1

2

3.1Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis, ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah

AngkaPenting

 

2

X

Disajikan  hasilpengukuran, siswadapatmenentukankelilingdenganaturanangkapenting.

 

PG

2

3

3.2Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

 

Penjumlahan vektor

 

2

X

Disajikan gambar seketsa perjalanan anak dari suatu tempat ketempat yang lain siswa dapat menentukan perpindahan yang dilakukan anak tersebut dengan benar

 

PG

3

4

3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

 

Penjumlahan Vektor

 

2

X

Disajikan tabel Tim lomba tarik tarik tambang  siswa dapat menentukan resultan gaya dengan benar.

 

PG

4

5

3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada

gerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap)

dan gerak lurus denganpercepatan konstan

(tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan

sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

 

Geraklurusberaturan

 

3

X

Sebuahkendaranbergerakdengankecepatanntertentu, tiba-tibadiperlambatkarenaadarintanagan di depannya, siswadapatmenentukanperistiwa yang akanterjadiakibatpadakendaraanitu

 

PG

5

6.

3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis padagerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

 

Geraklurusberubahberaturan

 

3

X

Sebuahbendajatuhbebasdariketinggiantertentudaripermukaantanah. Siswadapatmenentukankecepatanbendapadaketinggianteretentudaripermukaantanah

 

PG

6

7

3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada

gerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap)

dan gerak lurus denganpercepatan konstan

(tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan

sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

 

Perpaduangeraklurusberaturan

3

X

Sebuahperahubegeraklurusberaturanmeyeberangisungaidengankecepatantertentu. Bilaaliaran air sungaimemilikikecepatantetentu, siswadapatmenentukanjarak yang ditempuhperahausaattiba di seberangsungai.

 

PG

7

8

3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Gerak parabola

 

3

X

Disajikan gambar gerak peluru, siswa dapat menentukan jarak tembakan maksimum peluru

 

 

PG

8

9

3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Gerak parabola

 

3

X

Siswa dapat  menentukan lamanya benda sampai ditanah , untuk sebuah benda yang ditembakkan dengan kecepatan awal dan sudut elevasi tertentu terhadap bidang horizontal

 

PG

9

10

3.5Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan (tetap) danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari

 

GerakMelingkar

 

3

X

Disajikan data hasilpercobaan GMB, siswadapatmenentukanpercepatansentripetal.

 

PG

10

11

3.5 Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan (tetap) danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari

GerakMelingkar

 

3

X

Disajikan data hasilpercobaan GMB, siswadapatmenentukantegangantalipadasaattitiktertinggi.

 

PG

11

12

3.6     Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hukum Newton

 

3

X

Disajikan gambar benda terletak pada lantai kasar yang datar ditarik oleh gaya yang membentuk sudut terhadap bidang datar siswa dapat menentukan nilai gaya gesek dengan lantai

 

PG

12

13

3.6     Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hukum Newton

 

3

X

Disajikan gambar lukisan yang digantung pada dinding dengan sudut tertentu , siswa dapat menentukan tegangan masing-masing kawat

 

PG

13

14

3.6     Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hukum Newton

 

3

X

Disajikan gambar dua benda yang saling terhubung dengan tali kemudian ditarik dengan gaya F , siswa dapat menentukan besar tegangan tali antara bena 1 dan benda ke dua

 

 

PG

14

15

3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari

Hubunganusahadanenergikinetik

3

X

Sebuahbendamula-muladiamkemudianbergeraklurusdenganpercepatantertentu. Siswadapatmenentukanusaha yang dlakukanbendaselamabergerak.

 

PG

15

16

3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari

EnergiMekanik

 

3

X

Sebuahbendadilemparkanvertikalkeatasdengankecepatantertentu. Siswadapatmenetukanbesarenegipotensialbendasaaat di titiktertinggi.

 

PG

16

17

3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari

Hukumkekekalanenergimekanik

 

 

3

X

Disajikangambarsebuah bola bermassa m didorong di mejasehinggajatuhkelantai. Siswadapatmenetuakbesar energy mekanik yang dimiliki bola padaketinggiantertentudarilantai.

PG

17

18

3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari

 

Impuls dan Momentum

 

 

2

X

Disajikan sebuah benda bermassa tertentu dilemparkan kekiri kemudian dipukul sehingga bergerak kekanan dengan kecepatan yang sama, siswa dapat menentukan besar impuls benda tersebut.

 

PG

18

19

3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari

 

Impuls dan Momentum

 

2

X

Siswa dapat menentukan kecepatan setelah tumbukan untuk benda tidak lenting sama sekali

 

PG

19

20

3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari

 

HukumKekekalan Momentum

2

X

Disajikan gambar sebuah balok yang digantung dengan seutas tali , siswa dapat menentukan tinggi maksimum ayunan balok setelah tumbukan 

 

PG

20

21

3.9. Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari

GetaranHarmonis

 

3

X

Siswa dapat menentukan besar  kecepatan partikel yang bergerak harmonik, bila amplitude, frekuensi dan simpangan getaran diketahui

 

PG

21

22

3.9. Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari

 

GetaranHarmonis

 

 

3

X

Siswa dapat menentukan simpangan getaran dengan amplitude A  dan jikakecepatan getarannya diketahui

PG

22

23

3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari

DinamikaRotasi

2

XI

Disajikan gambar sebuah batang homogen, siswa dapat menghitung dengan benar momengaya pada salah satu titik

PG

24

3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari

DinamikaRotasi

2

XI

Diberikan wacana tentang gerak menggelinding pada benda tegar, siswa dapat menghitung dengan benar energi kinetik total

 

PG

25

3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari

DinamikaRotasi

2

XI

Disajikan gambar beberapapartikel yang masing-masingmemilikimassadanberadapadasumbu x, siswa dapat menghitung dengan benar momeninersiasistempartikelterhadapsumbu Y

PG

26

3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari

Titikberatdankeseimbangan

2

XI

Disajikan gambar bidangdatar, siswadapatmenghitungtitikberatdaribenda yang disajikan

 

PG

27

3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari

Titikberatdankeseimbangan

2

XI

Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait

 

PG

28

3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari

Titikberatdankeseimbangan

2

XI

Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait

 

PG

29

3.3 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.

Elastisitas

 

3

XI

Diberikan gambar susunan pegas yang memiliki konstanta identik dan diberi beban sehingga bertambah panjang, siswa dapat menentukan energi potensial pegas.

PG

30

3.3 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.

Elastisitas

 

3

XI

Diberikan wacana tentang penggunaan bahan elastis, siswa dapat menentukan Tegangan (Stress) dari bahan tersebut

 

PG

31

3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari

Fluida statis dan dinamis

 

2

XI

Disajikanwacanafenomenakapallaut.

Pesertadidikdapatmenjelaskanmengapakapallaut yang terbuatdaribesidapatterapung

 

PG

32

3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari

Fluida statis dan dinamis

 

2

XI

Disajikanwacanaberbagaimacamperalatan yang menerapkanhukumfluida.

Pesertadidikdapatmenentukanperalatan yang menerapkanhukum Archimedes

 

PG

33

3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari

Fluida statis dan dinamis

 

2

XI

Disajikanwacanatentangsebuahkolamdenganvolumtertentu yang diidi air melaluiselangdengankecepatan air.

Peserta didik mampu menghitung lama waktupengisian

 

PG

34

3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari

Fluida statis dan dinamis

 

2

XI

Disajikan wacana tentang sebuah bak penampungair dengan luas dan tinggi tertentu  yang terisi air

Peserta didik mampu menghitung letakjatuhnya air keran

 

PG

35

3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari

KalordanPerpindahanKalor

3

XI

Disajikan wacana soal untuk membedakanperpindahankalorsecarakonduksi, konveksi dan
radiasi diharapkan siswa dapat membedakan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi

 

PG

36

3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari

KalordanPerpindahanKalor

3

XI

Disajikan wacana soal agar siswa mampu menganalisis besaran-besaran yang mempengaruh
perpindahankalorsecara
konduksi,

PG

37

3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari

KalordanPerpindahanKalor

3

XI

Disajikan gambar tiga batang logam yang berbeda A,B dan C dengan memiliki panjang, dan luas penampang yang dihubungkan satu sama lainnya. Siswa diharapkan dapat menganalisis pengaruh konduktivitas terhadap suhu.

PG

38

3.6 Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik

Karakteristikgelombang

3

XI

Disajikanwacanatentangslinki, siswadapatmenentukanfrekuensigelombang.

 

PG

39

3.6 Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik

Karakteristikgelombang

3

XI

Disajikanwacanagelombang, siswadapatmenentukancepatrambatgelombang.

PG

40

3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner

Gelombangberjalandangelombangstasioner

3

XI

Disajikangambargelombang pada tali, siswadapatmenuliskan

persamaangelombangberjalan dan gelombangstasioner.

 

PG

41

3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner

Gelombangberjalandangelombangstasioner

3

XI

Disajikanwacanagelombangstasioner, siswadapatmenentukanjaraksimpul dan perutterdekat.

 

PG

42

3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner

Gelombangberjalandangelombangstasioner

3

XI

Disajikanpersamaangelombangstasioner, siswadapatmenentukanamplitudo, frekuensi, panjanggelombang dan cepatrambatgelombang.

PG

43

3.8 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi  dan cahaya

Efek Doppler

2

XI

Disajikan besaran-besaran fisis terkait efek dopler, siswa mampu menentukan besarnya frekuensi sumber bunyi

PG

44

3.8 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi  dan cahaya

InterferensiCahaya

2

XI

Disajikan besaran-besaran fisis terkait interferensi celah ganda  Young, siswa dapat menentukan jarak pita terang kedua dari terang pusat

PG

45

3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari

Listrik Arus Searah

 

3

XII

Diberikan gambarrangkaian arus searah, siswa dapat menganlisis dengan benar kecerahan nyala lampu pada rangkaian

PG

46

3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Listrik Arus Searah

 

3

XII

Diberikan gambar rangkaian listrik dan data hasil percobaan mengukur kuat arus dan tegangan catu daya, siswa dapat menganalisis jenis rangkaian dan data untuk menentukan nilai hambatan rangkaian.

PG

46

47

3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Listrik Arus Searah

 

3

XII

Diberikan amperemeter dengan daya ukur tertera, siswa dapat mengkreasikan dengan benar  untuk menambah batas ukur amperemeter

 

PG

47

48

3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus

 

Medan Listrik

 

3

XII

Disajikan gambar dua buah muatan yang terpisah pada jarak tertentu ,

Peserta didik dapat menentukan jarak untuk kuat medan listrik sama dengan nol

 

PG

48

49

3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus

 

Hukum Coulomb

 

3

XII

Disajikan narasi 2 buah muatan yang terpisah dengan jarak tertentu,kemudian salah satu muatan digeser menjauhi dengan jarak tertentu

Peserta didik dapat membandingkan gaya coulomb yang terjadi

 

PG

49

50

3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus

 

Kapasitor

 

3

XII

Disajikan gambar rangkaian Kapasitor Campuran

Peserta didik dapat menentukan beda potensial pada salah satu kapasitor

 

PG

50

51

3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi

Medan Magnet

3

XII

Siswadapatmenentukankuatmedan magnet di sekitarkawatlurusberaruslistrik.

PG

51

52

3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi

Medan Magnet

3

XII

Siswadapatmenentukankuatmedan magnet di pusatkawatmelingkarberaruslistrik.

PG

52

53

3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi

Gaya Lorentz

3

XII

Siswadapatmenetukanbesar dan arahgaya Lorentz pada kawatlurusberaruslistrik yang beradadalammedan magnet.

PG

53

54

3.4       Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

Induksi elektromagnetik

3

XII

Disajikan gambar penghantar yang bergerak dalam medan magnetik, peserta didik dapat menentukan besar dan arah kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar

PG

54

55

3.4       Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

Induksi elektromagnetik

3

XII

Peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran fisis pada transformator yang memiliki efiiensi tertentu

PG

55

56

3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya

 

Rangkaian R-L-Cseri

 

3

XII

DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri,

Peserta didik dapat menentukan tegangan maksimum pada salah satu komponen

 

PG

56

57

3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya

 

Rangkaian R-L-Cseri

 

3

XII

DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri,

Peserta didik dapat menentukan nilaiimpedansipadarangkaian

PG

57

58

3.6       Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan

Radiasi elektromagnetik

3

XII

Peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari salah satu spektrum gelombang elektromagnetik

PG

58

59

3.6       Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan

Radiasi elektromagnetik

3

XII

Peserta didik dapat mentukan jarak suatu objek dari pemancar gelombang RADAR

PG

59

60

3.7Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas, pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari

Peluruhan Radioaktif

 

3

XII

Disajikan narasi Peluruhan dari Unsur Atom

Peserta didik dapat menentukan waktu peluruhan

 

PG

60

61

3.7 Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas, pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari

 

Energi IkatInti

 

3

XII

Disajikan narasi Energiikatintidari Unsur Atom

Peserta didik dapat menentukan besarnyadefekmassapadaintisuatu unsure atom

 

PG

61

 

 

Banda


No comments:

Post a Comment