Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XII IPA 1-2
TAHUN PELAJARAN
2022/2023
Jenjang Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : FISIKA
Program :
MIPA
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level |
Kelas |
Indikator soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1. |
3.1 Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis,
ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah |
Alat-AlatUkur |
2 |
X |
Disajikan gambar hasilpengukurandenganjangkasorong,
siswadapatmenentukanhasilpengukurandenganjangkasorong. |
PG |
1 |
2 |
3.1Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis,
ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah |
AngkaPenting |
2 |
X |
Disajikan hasilpengukuran, siswadapatmenentukankelilingdenganaturanangkapenting. |
PG |
2 |
3 |
3.2Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya
perpindahan) |
Penjumlahan
vektor |
2 |
X |
Disajikan
gambar seketsa perjalanan anak dari suatu tempat ketempat yang lain siswa
dapat menentukan perpindahan yang dilakukan anak tersebut dengan benar |
PG |
3 |
4 |
3.2 Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan) |
Penjumlahan Vektor |
2 |
X |
Disajikan tabel Tim lomba tarik tarik
tambang siswa dapat menentukan
resultan gaya dengan benar. |
PG |
4 |
5 |
3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan
konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan
(tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu
lintas |
Geraklurusberaturan |
3 |
X |
Sebuahkendaranbergerakdengankecepatanntertentu,
tiba-tibadiperlambatkarenaadarintanagan di depannya,
siswadapatmenentukanperistiwa yang akanterjadiakibatpadakendaraanitu |
PG |
5 |
6. |
3.3. Menganalisis
besaran-besaran fisis padagerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap) dan
gerak lurus denganpercepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
misalnya keselamatan lalu lintas |
Geraklurusberubahberaturan |
3 |
X |
Sebuahbendajatuhbebasdariketinggiantertentudaripermukaantanah.
Siswadapatmenentukankecepatanbendapadaketinggianteretentudaripermukaantanah |
PG |
6 |
7 |
3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan
konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan
(tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu
lintas |
Perpaduangeraklurusberaturan |
3 |
X |
Sebuahperahubegeraklurusberaturanmeyeberangisungaidengankecepatantertentu.
Bilaaliaran air sungaimemilikikecepatantetentu, siswadapatmenentukanjarak
yang ditempuhperahausaattiba di seberangsungai. |
PG |
7 |
8 |
3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut
makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Gerak
parabola |
3 |
X |
Disajikan gambar gerak peluru, siswa dapat menentukan jarak
tembakan maksimum peluru |
PG |
8 |
9 |
3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut
makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Gerak
parabola |
3 |
X |
Siswa dapat menentukan lamanya benda sampai ditanah ,
untuk sebuah benda yang ditembakkan dengan kecepatan awal dan sudut elevasi
tertentu terhadap bidang horizontal |
PG |
9 |
10 |
3.5Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan (tetap)
danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari |
GerakMelingkar |
3 |
X |
Disajikan
data hasilpercobaan GMB, siswadapatmenentukanpercepatansentripetal. |
PG |
10 |
11 |
3.5 Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan
(tetap) danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari |
GerakMelingkar
|
3 |
X |
Disajikan
data hasilpercobaan GMB,
siswadapatmenentukantegangantalipadasaattitiktertinggi.
|
PG |
11 |
12 |
3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta
hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Hukum Newton
|
3 |
X |
Disajikan gambar benda terletak pada
lantai kasar yang datar ditarik oleh gaya yang membentuk sudut terhadap bidang
datar siswa dapat menentukan nilai gaya gesek dengan lantai
|
PG |
12 |
13 |
3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya,
massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Hukum Newton
|
3 |
X |
Disajikan gambar lukisan yang
digantung pada dinding dengan sudut tertentu , siswa dapat menentukan
tegangan masing-masing kawat
|
PG |
13 |
14 |
3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta
hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Hukum Newton
|
3 |
X |
Disajikan gambar dua benda yang
saling terhubung dengan tali kemudian ditarik dengan gaya F , siswa dapat
menentukan besar tegangan tali antara bena 1 dan benda ke dua
|
PG |
14 |
15 |
3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja),
hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta
enerapannya dalamperistiwa sehari-hari |
Hubunganusahadanenergikinetik |
3 |
X |
Sebuahbendamula-muladiamkemudianbergeraklurusdenganpercepatantertentu.
Siswadapatmenentukanusaha yang dlakukanbendaselamabergerak.
|
PG |
15 |
16 |
3.7. Menganalisis konsep energi,
usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum
kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari |
EnergiMekanik
|
3 |
X |
Sebuahbendadilemparkanvertikalkeatasdengankecepatantertentu.
Siswadapatmenetukanbesarenegipotensialbendasaaat di titiktertinggi.
|
PG |
16 |
17 |
3.7. Menganalisis
konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum
kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari |
Hukumkekekalanenergimekanik
|
3 |
X |
Disajikangambarsebuah bola bermassa m didorong di
mejasehinggajatuhkelantai. Siswadapatmenetuakbesar energy mekanik yang
dimiliki bola padaketinggiantertentudarilantai. |
PG |
17 |
18 |
3.8. Menerapkan
konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
Impuls
dan Momentum
|
2 |
X |
Disajikan
sebuah benda bermassa tertentu dilemparkan kekiri kemudian dipukul sehingga
bergerak kekanan dengan kecepatan yang sama, siswa dapat menentukan besar
impuls benda tersebut.
|
PG |
18 |
19 |
3.8. Menerapkan
konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
Impuls
dan Momentum
|
2 |
X |
Siswa dapat
menentukan kecepatan setelah tumbukan untuk benda tidak lenting sama sekali
|
PG |
19 |
20 |
3.8. Menerapkan
konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
HukumKekekalan
Momentum |
2 |
X |
Disajikan gambar sebuah balok yang digantung
dengan seutas tali , siswa dapat menentukan tinggi maksimum ayunan balok
setelah tumbukan
|
PG |
20 |
21 |
3.9. Menganalisis
hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari |
GetaranHarmonis
|
3 |
X |
Siswa dapat menentukan
besar kecepatan partikel yang bergerak
harmonik, bila amplitude, frekuensi dan simpangan getaran diketahui
|
PG |
21 |
22 |
3.9. Menganalisis
hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
GetaranHarmonis
|
3 |
X |
Siswa dapat
menentukan simpangan getaran dengan amplitude A dan jikakecepatan getarannya diketahui |
PG |
22 |
23 |
3.1
MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari |
DinamikaRotasi |
2 |
XI |
Disajikan gambar
sebuah batang homogen, siswa dapat menghitung dengan benar momengaya pada
salah satu titik |
PG |
24 |
3.1
MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari |
DinamikaRotasi |
2 |
XI |
Diberikan wacana tentang gerak
menggelinding pada benda tegar, siswa dapat menghitung dengan benar energi
kinetik total
|
PG |
25 |
3.1
MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari |
DinamikaRotasi |
2 |
XI |
Disajikan gambar beberapapartikel yang
masing-masingmemilikimassadanberadapadasumbu x, siswa dapat menghitung dengan
benar momeninersiasistempartikelterhadapsumbu Y |
PG |
26 |
3.2
Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari |
Titikberatdankeseimbangan |
2 |
XI |
Disajikan gambar bidangdatar,
siswadapatmenghitungtitikberatdaribenda yang disajikan
|
PG |
27 |
3.2
Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari |
Titikberatdankeseimbangan |
2 |
XI |
Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda
tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait
|
PG |
28 |
3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari |
Titikberatdankeseimbangan |
2 |
XI |
Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda
tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait
|
PG |
29 |
3.3 Menganalisis sifat elastisitas
bahan dalam kehidupan sehari hari. |
Elastisitas
|
3 |
XI |
Diberikan gambar susunan pegas yang memiliki konstanta identik dan diberi
beban sehingga bertambah panjang, siswa dapat menentukan energi potensial
pegas. |
PG |
30 |
3.3 Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari. |
Elastisitas
|
3 |
XI |
Diberikan wacana tentang penggunaan bahan elastis,
siswa dapat menentukan Tegangan (Stress)
dari bahan tersebut
|
PG |
31 |
3.4
Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari |
Fluida statis dan dinamis
|
2 |
XI |
Disajikanwacanafenomenakapallaut. Pesertadidikdapatmenjelaskanmengapakapallaut
yang terbuatdaribesidapatterapung
|
PG |
32 |
3.4
Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari |
Fluida statis dan dinamis
|
2 |
XI |
Disajikanwacanaberbagaimacamperalatan
yang menerapkanhukumfluida. Pesertadidikdapatmenentukanperalatan
yang menerapkanhukum Archimedes
|
PG |
33 |
3.4
Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari |
Fluida statis dan dinamis
|
2 |
XI |
Disajikanwacanatentangsebuahkolamdenganvolumtertentu
yang diidi air melaluiselangdengankecepatan air. Peserta didik
mampu menghitung lama waktupengisian
|
PG |
34 |
3.4
Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari |
Fluida statis dan dinamis
|
2 |
XI |
Disajikan
wacana tentang sebuah bak penampungair dengan luas dan tinggi tertentu yang terisi air Peserta didik
mampu menghitung letakjatuhnya air keran
|
PG |
35 |
3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor
yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor
pada kehidupansehari-hari |
KalordanPerpindahanKalor |
3 |
XI |
Disajikan
wacana soal untuk membedakanperpindahankalorsecarakonduksi,
konveksi dan
|
PG |
36 |
3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor
yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor
pada kehidupansehari-hari |
KalordanPerpindahanKalor |
3 |
XI |
Disajikan
wacana soal agar siswa mampu menganalisis besaran-besaran yang mempengaruh |
PG |
37 |
3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor
yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor
pada kehidupansehari-hari |
KalordanPerpindahanKalor |
3 |
XI |
Disajikan gambar tiga batang logam yang berbeda A,B
dan C dengan memiliki panjang, dan luas penampang yang dihubungkan satu sama
lainnya. Siswa diharapkan dapat menganalisis pengaruh konduktivitas terhadap
suhu. |
PG |
38 |
3.6
Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik |
Karakteristikgelombang |
3 |
XI |
Disajikanwacanatentangslinki,
siswadapatmenentukanfrekuensigelombang.
|
PG |
39 |
3.6
Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik |
Karakteristikgelombang |
3 |
XI |
Disajikanwacanagelombang,
siswadapatmenentukancepatrambatgelombang. |
PG |
40 |
3.7
Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner |
Gelombangberjalandangelombangstasioner |
3 |
XI |
Disajikangambargelombang pada
tali, siswadapatmenuliskan persamaangelombangberjalan
dan gelombangstasioner.
|
PG |
41 |
3.7 Menganalisisbesaran
– besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner |
Gelombangberjalandangelombangstasioner |
3 |
XI |
Disajikanwacanagelombangstasioner,
siswadapatmenentukanjaraksimpul dan perutterdekat.
|
PG |
42 |
3.7
Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner |
Gelombangberjalandangelombangstasioner |
3 |
XI |
Disajikanpersamaangelombangstasioner,
siswadapatmenentukanamplitudo, frekuensi, panjanggelombang dan
cepatrambatgelombang. |
PG |
43 |
3.8 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan
cahaya |
Efek Doppler |
2 |
XI |
Disajikan
besaran-besaran fisis terkait efek dopler, siswa mampu menentukan besarnya
frekuensi sumber bunyi |
PG |
44 |
3.8 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan
cahaya |
InterferensiCahaya |
2 |
XI |
Disajikan
besaran-besaran fisis terkait interferensi celah ganda Young, siswa dapat menentukan jarak pita
terang kedua dari terang pusat |
PG |
45 |
3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik
searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari |
Listrik Arus Searah
|
3 |
XII |
Diberikan gambarrangkaian
arus searah, siswa dapat menganlisis dengan benar kecerahan nyala lampu pada
rangkaian |
PG |
46 |
3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut
keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik Arus Searah
|
3 |
XII |
Diberikan gambar rangkaian listrik dan data hasil percobaan
mengukur kuat arus dan tegangan catu daya, siswa dapat menganalisis jenis
rangkaian dan data untuk menentukan nilai hambatan rangkaian. |
PG |
46 |
47 |
3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut
keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik Arus Searah
|
3 |
XII |
Diberikan amperemeter dengan daya
ukur tertera, siswa dapat mengkreasikan dengan benar untuk menambah batas ukur amperemeter
|
PG |
47 |
48 |
3.2 Menganalisis muatan
listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi
potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
|
Medan Listrik
|
3 |
XII |
Disajikan gambar dua buah muatan yang
terpisah pada jarak tertentu , Peserta didik dapat menentukan jarak
untuk kuat medan listrik sama dengan nol
|
PG |
48 |
49 |
3.2 Menganalisis muatan
listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi
potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
|
Hukum Coulomb
|
3 |
XII |
Disajikan narasi 2 buah muatan yang
terpisah dengan jarak tertentu,kemudian salah satu muatan digeser menjauhi
dengan jarak tertentu Peserta didik dapat membandingkan
gaya coulomb yang terjadi
|
PG |
49 |
50 |
3.2 Menganalisis muatan
listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi
potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
|
Kapasitor
|
3 |
XII |
Disajikan gambar rangkaian Kapasitor
Campuran Peserta didik dapat menentukan beda
potensial pada salah satu kapasitor
|
PG |
50 |
51 |
3.3 Menganalisismedan magnet ,
induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi |
Medan Magnet |
3 |
XII |
Siswadapatmenentukankuatmedan
magnet di sekitarkawatlurusberaruslistrik. |
PG |
51 |
52 |
3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi |
Medan Magnet |
3 |
XII |
Siswadapatmenentukankuatmedan
magnet di pusatkawatmelingkarberaruslistrik. |
PG |
52 |
53 |
3.3 Menganalisismedan magnet ,
induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi |
Gaya Lorentz |
3 |
XII |
Siswadapatmenetukanbesar
dan arahgaya Lorentz pada kawatlurusberaruslistrik yang beradadalammedan
magnet. |
PG |
53 |
54 |
3.4 Menganalisis
fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari |
Induksi
elektromagnetik |
3 |
XII |
Disajikan
gambar penghantar yang bergerak dalam medan magnetik, peserta didik dapat
menentukan besar dan arah kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar |
PG |
54 |
55 |
3.4 Menganalisis
fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari |
Induksi
elektromagnetik |
3 |
XII |
Peserta
didik dapat menentukan nilai salah satu besaran fisis pada transformator yang
memiliki efiiensi tertentu |
PG |
55 |
56 |
3.5 Menganalisis
rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya
|
Rangkaian R-L-Cseri
|
3 |
XII |
DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri, Peserta didik dapat menentukan
tegangan maksimum pada salah satu komponen
|
PG |
56 |
57 |
3.5 Menganalisis
rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya
|
Rangkaian R-L-Cseri
|
3 |
XII |
DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri, Peserta didik dapat menentukan nilaiimpedansipadarangkaian |
PG |
57 |
58 |
3.6 Menganalisis fenomena radiasi
elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan |
Radiasi
elektromagnetik |
3 |
XII |
Peserta
didik dapat menyebutkan manfaat dari salah satu spektrum gelombang elektromagnetik |
PG |
58 |
59 |
3.6 Menganalisis fenomena radiasi
elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan |
Radiasi
elektromagnetik |
3 |
XII |
Peserta
didik dapat mentukan jarak suatu objek dari pemancar gelombang RADAR |
PG |
59 |
60 |
3.7Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas,
pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari |
Peluruhan Radioaktif
|
3 |
XII |
Disajikan narasi Peluruhan dari Unsur
Atom Peserta didik dapat menentukan waktu
peluruhan
|
PG |
60 |
61 |
3.7 Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas,
pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari
|
Energi IkatInti
|
3 |
XII |
Disajikan narasi Energiikatintidari
Unsur Atom Peserta didik dapat menentukan besarnyadefekmassapadaintisuatu
unsure atom
|
PG |
61 |
Banda
No comments:
Post a Comment