Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XII IPA 1-2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Jenjang Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : FISIKA
Program : MIPA
No | Kompetensi Dasar | Materi | Level | Kelas | Indikator soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1. | 3.1 Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis, ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah | Alat-AlatUkur
| 2 | X | Disajikan gambar hasilpengukurandenganjangkasorong, siswadapatmenentukanhasilpengukurandenganjangkasorong.
| PG | 1 |
2 | 3.1Menerapkanprinsip-prinsippengukuranbesaranfisis, ketepatan, ketelitiandanangkapentingsertanotasiilmiah | AngkaPenting
| 2 | X | Disajikan hasilpengukuran, siswadapatmenentukankelilingdenganaturanangkapenting.
| PG | 2 |
3 | 3.2Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
| Penjumlahan vektor
| 2 | X | Disajikan gambar seketsa perjalanan anak dari suatu tempat ketempat yang lain siswa dapat menentukan perpindahan yang dilakukan anak tersebut dengan benar
| PG | 3 |
4 | 3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
| Penjumlahan Vektor
| 2 | X | Disajikan tabel Tim lomba tarik tarik tambang siswa dapat menentukan resultan gaya dengan benar.
| PG | 4 |
5 | 3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas
| Geraklurusberaturan
| 3 | X | Sebuahkendaranbergerakdengankecepatanntertentu, tiba-tibadiperlambatkarenaadarintanagan di depannya, siswadapatmenentukanperistiwa yang akanterjadiakibatpadakendaraanitu
| PG | 5 |
6. | 3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis padagerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas
| Geraklurusberubahberaturan
| 3 | X | Sebuahbendajatuhbebasdariketinggiantertentudaripermukaantanah. Siswadapatmenentukankecepatanbendapadaketinggianteretentudaripermukaantanah
| PG | 6 |
7 | 3.3. Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan(tetap) dan gerak lurus denganpercepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas
| Perpaduangeraklurusberaturan | 3 | X | Sebuahperahubegeraklurusberaturanmeyeberangisungaidengankecepatantertentu. Bilaaliaran air sungaimemilikikecepatantetentu, siswadapatmenentukanjarak yang ditempuhperahausaattiba di seberangsungai.
| PG | 7 |
8 | 3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| Gerak parabola
| 3 | X | Disajikan gambar gerak peluru, siswa dapat menentukan jarak tembakan maksimum peluru
| PG | 8 |
9 | 3.4. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| Gerak parabola
| 3 | X | Siswa dapat menentukan lamanya benda sampai ditanah , untuk sebuah benda yang ditembakkan dengan kecepatan awal dan sudut elevasi tertentu terhadap bidang horizontal
| PG | 9 |
10 | 3.5Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan (tetap) danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari
| GerakMelingkar
| 3 | X | Disajikan data hasilpercobaan GMB, siswadapatmenentukanpercepatansentripetal.
| PG | 10 |
11 | 3.5 Menganalisisbesaranfisispadagerakmelingkardenganlajukonstan (tetap) danpenerapannyadalamkehidupansehari-hari | GerakMelingkar
| 3 | X | Disajikan data hasilpercobaan GMB, siswadapatmenentukantegangantalipadasaattitiktertinggi.
| PG | 11 |
12 | 3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Hukum Newton
| 3 | X | Disajikan gambar benda terletak pada lantai kasar yang datar ditarik oleh gaya yang membentuk sudut terhadap bidang datar siswa dapat menentukan nilai gaya gesek dengan lantai
| PG | 12 |
13 | 3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Hukum Newton
| 3 | X | Disajikan gambar lukisan yang digantung pada dinding dengan sudut tertentu , siswa dapat menentukan tegangan masing-masing kawat
| PG | 13 |
14 | 3.6 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Hukum Newton
| 3 | X | Disajikan gambar dua benda yang saling terhubung dengan tali kemudian ditarik dengan gaya F , siswa dapat menentukan besar tegangan tali antara bena 1 dan benda ke dua
| PG | 14 |
15 | 3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari | Hubunganusahadanenergikinetik | 3 | X | Sebuahbendamula-muladiamkemudianbergeraklurusdenganpercepatantertentu. Siswadapatmenentukanusaha yang dlakukanbendaselamabergerak.
| PG | 15 |
16 | 3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari | EnergiMekanik
| 3 | X | Sebuahbendadilemparkanvertikalkeatasdengankecepatantertentu. Siswadapatmenetukanbesarenegipotensialbendasaaat di titiktertinggi.
| PG | 16 |
17 | 3.7. Menganalisis konsep energi, usaha(kerja), hubungan usaha (kerja)danperubahan energi, hukum kekekalanenergi, serta enerapannya dalamperistiwa sehari-hari | Hukumkekekalanenergimekanik
| 3 | X | Disajikangambarsebuah bola bermassa m didorong di mejasehinggajatuhkelantai. Siswadapatmenetuakbesar energy mekanik yang dimiliki bola padaketinggiantertentudarilantai. | PG | 17 |
18 | 3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
| Impuls dan Momentum
| 2 | X | Disajikan sebuah benda bermassa tertentu dilemparkan kekiri kemudian dipukul sehingga bergerak kekanan dengan kecepatan yang sama, siswa dapat menentukan besar impuls benda tersebut.
| PG | 18 |
19 | 3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
| Impuls dan Momentum
| 2 | X | Siswa dapat menentukan kecepatan setelah tumbukan untuk benda tidak lenting sama sekali
| PG | 19 |
20 | 3.8. Menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
| HukumKekekalan Momentum | 2 | X | Disajikan gambar sebuah balok yang digantung dengan seutas tali , siswa dapat menentukan tinggi maksimum ayunan balok setelah tumbukan
| PG | 20 |
21 | 3.9. Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari | GetaranHarmonis
| 3 | X | Siswa dapat menentukan besar kecepatan partikel yang bergerak harmonik, bila amplitude, frekuensi dan simpangan getaran diketahui
| PG | 21 |
22 | 3.9. Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
| GetaranHarmonis
| 3 | X | Siswa dapat menentukan simpangan getaran dengan amplitude A dan jikakecepatan getarannya diketahui | PG | 22 |
23 | 3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari | DinamikaRotasi | 2 | XI | Disajikan gambar sebuah batang homogen, siswa dapat menghitung dengan benar momengaya pada salah satu titik | PG |
24 | 3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari | DinamikaRotasi | 2 | XI | Diberikan wacana tentang gerak menggelinding pada benda tegar, siswa dapat menghitung dengan benar energi kinetik total
| PG |
25 | 3.1 MenerapkankonsepDinamikarotasibendategardalamkehidupansehari-hari | DinamikaRotasi | 2 | XI | Disajikan gambar beberapapartikel yang masing-masingmemilikimassadanberadapadasumbu x, siswa dapat menghitung dengan benar momeninersiasistempartikelterhadapsumbu Y | PG |
26 | 3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari | Titikberatdankeseimbangan | 2 | XI | Disajikan gambar bidangdatar, siswadapatmenghitungtitikberatdaribenda yang disajikan
| PG |
27 | 3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari | Titikberatdankeseimbangan | 2 | XI | Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait
| PG |
28 | 3.2 Menerapkantitikberatdankesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari | Titikberatdankeseimbangan | 2 | XI | Disajikan gambar sistem kesetimbangan benda tegar, siswa dapat menganalisis besaran-besaran terkait
| PG |
29 | 3.3 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari. | Elastisitas
| 3 | XI | Diberikan gambar susunan pegas yang memiliki konstanta identik dan diberi beban sehingga bertambah panjang, siswa dapat menentukan energi potensial pegas. | PG |
30 | 3.3 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari. | Elastisitas
| 3 | XI | Diberikan wacana tentang penggunaan bahan elastis, siswa dapat menentukan Tegangan (Stress) dari bahan tersebut
| PG |
31 | 3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari | Fluida statis dan dinamis
| 2 | XI | Disajikanwacanafenomenakapallaut. Pesertadidikdapatmenjelaskanmengapakapallaut yang terbuatdaribesidapatterapung
| PG |
32 | 3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari | Fluida statis dan dinamis
| 2 | XI | Disajikanwacanaberbagaimacamperalatan yang menerapkanhukumfluida. Pesertadidikdapatmenentukanperalatan yang menerapkanhukum Archimedes
| PG |
33 | 3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari | Fluida statis dan dinamis
| 2 | XI | Disajikanwacanatentangsebuahkolamdenganvolumtertentu yang diidi air melaluiselangdengankecepatan air. Peserta didik mampu menghitung lama waktupengisian
| PG |
34 | 3.4 Menerapkanhukum-hukumfluidadalamkehidupansehari-hari | Fluida statis dan dinamis
| 2 | XI | Disajikan wacana tentang sebuah bak penampungair dengan luas dan tinggi tertentu yang terisi air Peserta didik mampu menghitung letakjatuhnya air keran
| PG |
35 | 3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari | KalordanPerpindahanKalor | 3 | XI | Disajikan wacana soal untuk membedakanperpindahankalorsecarakonduksi, konveksi dan
| PG |
36 | 3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari | KalordanPerpindahanKalor | 3 | XI | Disajikan wacana soal agar siswa mampu menganalisis besaran-besaran yang mempengaruh | PG |
37 | 3.5 Menganalisispengaruhkalor dan perpindahankalor yang meliputikarakteristiktermalsuatubahan, kapasitas, dan konduktivitaskalor pada kehidupansehari-hari | KalordanPerpindahanKalor | 3 | XI | Disajikan gambar tiga batang logam yang berbeda A,B dan C dengan memiliki panjang, dan luas penampang yang dihubungkan satu sama lainnya. Siswa diharapkan dapat menganalisis pengaruh konduktivitas terhadap suhu. | PG |
38 | 3.6 Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik | Karakteristikgelombang | 3 | XI | Disajikanwacanatentangslinki, siswadapatmenentukanfrekuensigelombang.
| PG |
39 | 3.6 Menganalisiskarakteristikgelombangmekanik | Karakteristikgelombang | 3 | XI | Disajikanwacanagelombang, siswadapatmenentukancepatrambatgelombang. | PG |
40 | 3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner | Gelombangberjalandangelombangstasioner | 3 | XI | Disajikangambargelombang pada tali, siswadapatmenuliskan persamaangelombangberjalan dan gelombangstasioner.
| PG |
41 | 3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner | Gelombangberjalandangelombangstasioner | 3 | XI | Disajikanwacanagelombangstasioner, siswadapatmenentukanjaraksimpul dan perutterdekat.
| PG |
42 | 3.7 Menganalisisbesaran – besaranfisisgelombangberjalan dan gelombangstasioner | Gelombangberjalandangelombangstasioner | 3 | XI | Disajikanpersamaangelombangstasioner, siswadapatmenentukanamplitudo, frekuensi, panjanggelombang dan cepatrambatgelombang. | PG |
43 | 3.8 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya | Efek Doppler | 2 | XI | Disajikan besaran-besaran fisis terkait efek dopler, siswa mampu menentukan besarnya frekuensi sumber bunyi | PG |
44 | 3.8 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya | InterferensiCahaya | 2 | XI | Disajikan besaran-besaran fisis terkait interferensi celah ganda Young, siswa dapat menentukan jarak pita terang kedua dari terang pusat | PG |
45 | 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari | Listrik Arus Searah
| 3 | XII | Diberikan gambarrangkaian arus searah, siswa dapat menganlisis dengan benar kecerahan nyala lampu pada rangkaian | PG |
46 | 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
| Listrik Arus Searah
| 3 | XII | Diberikan gambar rangkaian listrik dan data hasil percobaan mengukur kuat arus dan tegangan catu daya, siswa dapat menganalisis jenis rangkaian dan data untuk menentukan nilai hambatan rangkaian. | PG | 46 |
47 | 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
| Listrik Arus Searah
| 3 | XII | Diberikan amperemeter dengan daya ukur tertera, siswa dapat mengkreasikan dengan benar untuk menambah batas ukur amperemeter
| PG | 47 |
48 | 3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
| Medan Listrik
| 3 | XII | Disajikan gambar dua buah muatan yang terpisah pada jarak tertentu , Peserta didik dapat menentukan jarak untuk kuat medan listrik sama dengan nol
| PG | 48 |
49 | 3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
| Hukum Coulomb
| 3 | XII | Disajikan narasi 2 buah muatan yang terpisah dengan jarak tertentu,kemudian salah satu muatan digeser menjauhi dengan jarak tertentu Peserta didik dapat membandingkan gaya coulomb yang terjadi
| PG | 49 |
50 | 3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
| Kapasitor
| 3 | XII | Disajikan gambar rangkaian Kapasitor Campuran Peserta didik dapat menentukan beda potensial pada salah satu kapasitor
| PG | 50 |
51 | 3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi | Medan Magnet | 3 | XII | Siswadapatmenentukankuatmedan magnet di sekitarkawatlurusberaruslistrik. | PG | 51 |
52 | 3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi | Medan Magnet | 3 | XII | Siswadapatmenentukankuatmedan magnet di pusatkawatmelingkarberaruslistrik. | PG | 52 |
53 | 3.3 Menganalisismedan magnet , induksimagnetikdangayamagnetikpadaberbagaiprodukteknologi | Gaya Lorentz | 3 | XII | Siswadapatmenetukanbesar dan arahgaya Lorentz pada kawatlurusberaruslistrik yang beradadalammedan magnet. | PG | 53 |
54 | 3.4 Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari | Induksi elektromagnetik | 3 | XII | Disajikan gambar penghantar yang bergerak dalam medan magnetik, peserta didik dapat menentukan besar dan arah kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar | PG | 54 |
55 | 3.4 Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari | Induksi elektromagnetik | 3 | XII | Peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran fisis pada transformator yang memiliki efiiensi tertentu | PG | 55 |
56 | 3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya
| Rangkaian R-L-Cseri
| 3 | XII | DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri, Peserta didik dapat menentukan tegangan maksimum pada salah satu komponen
| PG | 56 |
57 | 3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik(AC) serta penerapannya
| Rangkaian R-L-Cseri
| 3 | XII | DisajikanGambar rangkaian R-L-Cseri, Peserta didik dapat menentukan nilaiimpedansipadarangkaian | PG | 57 |
58 | 3.6 Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan | Radiasi elektromagnetik | 3 | XII | Peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari salah satu spektrum gelombang elektromagnetik | PG | 58 |
59 | 3.6 Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan | Radiasi elektromagnetik | 3 | XII | Peserta didik dapat mentukan jarak suatu objek dari pemancar gelombang RADAR | PG | 59 |
60 | 3.7Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas, pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari | Peluruhan Radioaktif
| 3 | XII | Disajikan narasi Peluruhan dari Unsur Atom Peserta didik dapat menentukan waktu peluruhan
| PG | 60 |
61 | 3.7 Menganalisis karakteristik inti atom,radioaktivitas, pemanfaatan, dampak,dan proteksinya dalam kehidupansehari-hari
| Energi IkatInti
| 3 | XII | Disajikan narasi Energiikatintidari Unsur Atom Peserta didik dapat menentukan besarnyadefekmassapadaintisuatu unsure atom
| PG | 61 |
Banda
No comments:
Post a Comment