Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X IPA 1-5
Assalamu'alaikum wr.wb. Ini adalah kisi-kisi soal PAS Ganjil Fisika Tahun 2022-2023
KISI-KISI
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KLS X T.P 2022 – 2023
Mata
Pelajaran : Fisika Waktu : 90 menit
Kelas/Semester
: X/Ganjil Jumlah Soal : 40
soal
KI
3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, prosedur dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar dan mengkaji dalam
ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Standar Kompetensi Lulusan : Besaran
fisika dan pengukuran, Vektor, gerak lurus, gerak parabola dan Gerak melingkar
beraturan.
No. |
Kompetensi
Dasar |
Kls/Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Nomor
Soal |
1. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/ 1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Penalaran |
Peserta didik mampu menentukan pasangan besaran yang
setara |
1 |
2. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/ 1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Penalaran |
Peserta didik mampu menerapkan dimensi yang benar
pada suatu besaran |
2 |
3. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung luas plat seng
menurut aturan penulisan angka penting |
3 |
4. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung |
4 |
5. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Penalaran |
Peserta didik mampu mengkonversi suatu besaran ke
sistem Internasional |
5 |
6. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Penalaran |
Peserta didik mampu menghitung hasil pengukuran
massa kelereng |
6 |
7. |
Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
X/1 |
Besaran fisika dan pengukuran |
Penalaran |
Peserta didik mampu mengukur sebuah pipa silender
berongga dengan menggunakan mikrometer skrup |
7 |
8. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Penalaran |
Peserta didik mampu membedakan antara besaran scalar
dan besaran vektor |
8 |
9. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Aplikasi |
Peserta didik mampu
menghitung resultan kedua vektor yang saling tegak lurus |
9 |
10. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Penalaran |
Peserta didik mampu menghitung resultan dua buah
vektor yang berlawanan arah |
10 |
11. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung selisih kedua vektor
dengan sudut 600 |
11 |
12. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung pergeseran dua buah
vektor |
12 |
13. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Penalaran |
Peserta didik mampu menghitung skala 2 N dan
menghitung resultan kedua gaya tersebut |
13 |
14. |
Menerapkan prinsip penjumlahan vector sebidang
misalnya perpindahan |
X/1 |
Vektor |
Penalaran |
Peserta didik mampu memahami konsep besaran scalar
dan besaran vektor |
14 |
15. |
Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap), serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Penalaran |
Peserta didik mampu memahami konsep GLB dengan
kecepatan konstan dan percepatan nol |
15 |
|
|
|
|
|
|
|
16. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung percepatan yang
dialami oleh sebuah mobil dengan kecepatan awal 20 m/s |
16 |
17. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung waktu yang dibutuhkan
oleh sebuah benda untuk menempuh jarak 100 km |
17 |
18. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung tinggi maksimum pada
gerak vertical dengan kecepatan 20 m/s |
18 |
19. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung tinggi sebuah Gedung
dengan waktu selama 2 detik saat benda jatuh menyentuh tanah. |
19 |
20. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung percepatan suatu
benda yang bergerak pada detik kedua. |
20 |
21. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung jarak pada sebuah
pesawat yang menjatuhkan bom dengan kecepatan tertentu |
21 |
22. |
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan
(tetap), serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan
lalu lintas |
X/1 |
Gerak Lurus |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung percepatan benda
sesauai data pada grafik kecepatan terhadap waktu |
22 |
23. |
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan
vector beserta makna fisis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Parabola |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung besar dan arah
kecepatan pada gerak parabola dengan sudut elevasi 600 |
23 |
24. |
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan
vector beserta makna fisis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Parabola |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung titik tertinggi
sebuah peluru yang ditembakkan dengan kecepatan 20 m/s |
24 |
25. |
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan
vector beserta makna fisis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Parabola |
Penalaran |
Peserta didik mampu memahami konsep gerak parabola
untuk mencapai titik terjauh |
25 |
26. |
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan
vector beserta makna fisis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Parabola |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung jarak terjauh
tendangan pemain sepak bola |
26 |
27. |
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan
vector beserta makna fisis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Parabola |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitungwaktu yang diperlukan
bola golf untuk sampai ke tanah, jika percepatan gravitasi 10 m/s2 |
27 |
28. |
Menganalisis
besaran fisis pada gerak melingkar dengan laku konstan (tetap) dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Penalaran |
Peserta didik mampu memahami konsep gerak melingkar
dengan percepatan yang arahnya menuju pusat lingkaran |
28 |
29. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung sudut yang ditempuh
oleh sebuah bor listrik yang berputar. |
29 |
30. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung kecepatan sudut roda
A yang saling bersinggungan |
30 |
31. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung sebuah ban mobil
melakukan putaran yang bergerak dipercepat dari keadaan diam. |
31 |
32. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung suatu papan
horizontal yang berputar dengan kecepatan tertentu |
32 |
33. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung kecepatan yang
dialami sebuah mobil yang menempuh lintasan melingkar |
33 |
34. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu menghitung kecepatan maksimum
sebuah mobil agar dapat melaju dengan aman |
34 |
35. |
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar
dengan laku konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
X/1 |
Gerak Melingkar Beraturan |
Aplikasi |
Peserta didik mampu memahami konsep gerak melingkar
yang dihubungkan dengan tali |
35 |
No comments:
Post a Comment