Guru Mata Pelajaran: Roudatul Jannah
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XI 5 jam 1 dan 2 , XI 6 jam ke 3 dan 4
Pertemuan ke 2
Capaian Pembelajaran CP Fase F :
Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor kedalam kinematika dan dinamika gerak, usaha dan energi, fluida, getaran harmonis, gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip kalor dan termodinamika , dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Peserta didik mampu memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat untuk ke perguruan tinggi yang berhubungan dengan bidang fisika. Melalui kerja ilmiah juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila khususnya mandiri, inovatif, bernalar kritis, kreatif dan bergotong royong.
1. Sebuah roda bermassa 20 kg berupa silinder pejal (I = ½ mr2) berada pada bidang datar yang kasar ditarik dengan gaya melalui porosnya dengan sebuah tali seperti gambar di bawah ini.
F=60N |
Percepatan yang dialami oleh roda tersebut adalah….
A. 0,5 m/s2
B. 1,0 m/s2
C. 1,5 m/s2
D. 2,0 m/s2
E. 3,0 m/s2
2. Sebuah Roda katrol bermassa3 kg dan diameter 20 cm, katrol tersebut berotasi pada porosnya, jika momentum sudut katrol 2, 4 x 10 ^-2 kg m/s2 maka kecepatan sudut katrol adalah ... rad/s
3. Sebuah bola pejal dengan poros ditengah dengan I=2/5 mR2. jika diameter bola pejal 40 cm menggelinding di atas jalan licin dengan kecepatan linear 30 m/s maka Ek menggelinding ... Joule
No comments:
Post a Comment