Thursday, January 9, 2025

Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan benda tegar

      Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah

 Mata Pelajaran           : Fisika

 Kelas                          : XI 7 jam ke 1 dan 2,

 Pertemuan ke 1

 Capaian Pembelajaran   CP Fase F :

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor kedalam kinematika dan dinamika gerak, usaha dan energi, fluida, getaran harmonis, gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip kalor dan termodinamika , dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Peserta didik mampu memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat untuk ke perguruan tinggi yang berhubungan dengan bidang fisika. Melalui kerja ilmiah juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila khususnya mandiri, inovatif, bernalar kritis, kreatif dan bergotong royong.

Pertemuan 1


Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode : Dislusi dan Tanya jawab












4.    Perhatikan gambar berikut

 


 

 

 

 

Jika batang AB panjangnya 30 cm dan besarnya gaya yang bekerja 20 N, maka nilai momen gaya nya adalah…N.m

A.    3 N.m

B.    5  N.m

C.   30  N.m

D.   50  N.m

E.    60 N.m

5.    Perhatikan gambar berikut

 

 


 

 

 


Jika bola P dan Q diputar dengan poros di R, jarak PQ 20 cm dan massa bola P dan Q masing-masing 2. 102 gram dan 1,5. 102 gram maka nilai momen inersianya adalah…kg.m-2

A.    3,486 . .    6,486 . 10 -6 kg.m-2

C.   9,486 . 10 -6 kg.m-2

D.   10,486 . 10 -6 kg.m-2

E.    11,4 . 10-6 kg m2


No comments:

Post a Comment