Wednesday, May 29, 2024

KISI-KISI SOAL PAS FISIKA XI TAHUN 2023-2024

Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah Kelas : XI IPA 1-5 KISI-KISI BANK SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG SMA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Jenjang Sekolah : SMA/MA Kurikulum : K13 Mata Pelajaran : FISIKA Jumlah Soal :60 Tahun Pelajaran : 2023/2024 Jurusan / Kelas : IPA/XI NO KOMPETENSI DASAR LINGKUP MATERI KELAS / SEMESTER LEVEL KOOGNITIF INDIKATOR SOAL NOMOR SOAL 1 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika Hukum ke Nol, Hukum I Termodinamika ,  Hukum II Termodinamika, Entropi XI/Genap C3 Diilustrasikan suatu gas memiliki volume pada keadaan isobarik pada tekanan tertentu, peserta didik dapat menentukan usaha 1 2 C3 Diilustrasikan suatu gas memiliki volume pada pada suhu dan tekanan tertentu, peserta didik dapat menentukan usaha 2 3 C3 Diilustrasikan mesin carnot mempunya suhu tertentu untuk menghasilkan energi mekanik yang menyerap kalor, peserta didik dapat menentukan usaha 3 4 C3 Diilustrasikan sebuah mesin carnot dengan suhu tertentu, Peserta didik dapat menentukan efisiensinya 4 5 C3 Disajikan sebuah reservoir grafik P-V dengan suhu tertentu yang dapat menyerap kalor, peserta didik dapat menentukan usaha 5 6 C2 Disajikan suatu pernyataan hukum termodinamika, Peserta didik mampu mengkategorikan pernyataan yang sesuai hukum tersebut 6 7 C3 Disajikan sebuah proses termodinamika grafik P-V , peserta didik dapat menentukan usaha 7 8 C2 Disajikan beberapa proses termodinamika , peserta didik dapat mengkategorikan yang termasuk proses termodinamika 8 9 C3 Disajikan sebuah grafik pada mesin carnot dengan suhu dan kalor tertentu peserta didik dapat menentukan usaha 9 10 C2 Disajikan beberapa pernyataan , Peserta didik dapat mengkategorikan konsep termodinamika 10 11 Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik Pemantulan, Pembiasan, Difraksi, Interferensi XI/Genap C2 disajikan beberapa contoh gelombang, peserta didik dapat mengkategorikan termasuk jenis gelombang mekanik 11 12 C2 Disajikan beberapa contoh gelombang, peserta didik dapat mencirikan termasuk jenis gelombang 12 13 C3 Diilustrasikan sebuah gelombang air terdapat dua titik yang berjarak yang mempunya bukit dan lembah. Peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang 13 14 C3 Dilustrasikan sebuah gelombang dengan panjang tali, puncak, lembah dan laju rambat, peseta didik dapat menentukan panjang dan frekuensi gelombang 14 15 C2 isajikan ciri ciri gelombang , peseta didik dapat mencirikan yang termasuk gelombang mekanik 15 16 C2 Disajikan sebuah gambar tentang frekuensi gelombang. Siswa dapat mengkategorikan bahaya radiasi gelombang pada manusia 16 17 C3 Dilustrasikan sebuah gelombang dipermukaan sebuah danau terdapat dua buah gabus yang terpisah dengan jarak, Panjang lintasan dan frekuensi tertentu. peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang 17 18 C2 Disajikan beberapa contoh gelombang. Peserta didik dapat mengkategorikan gelombang mekanik 18 19 C2 Disajikan pernyatan tentang ciri gelombang. peserta didik dapat mencirikan gelombang 19 20 21 22 23 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata Persamaan gelombang, Besaran-besaran fisis XI/Genap C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung terikat. Peseta didik dapat menentukan amplitudo dan besar simpangan 20 24 C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung bebas. Peseta didik dapat menentukan frekuensi dan besar simpangan 21 25 C3 Disajikan persamaan gelombang berjalan kekiri. Peseta didik dapat menentukan persamaan simpangan dan besar simpangan 22 26 C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung terikat. Peseta didik dapat menentukan panjang gelombang dan periode 23 27 C3 Disajikan persamaan gelombang berjalan kekiri. Peseta didik dapat menentukan besar simpangan 24 28 C3 Dilustrasikan Sebuah sumber getar menimbulkan gelombang transversal dengan periode dan jarak dua bukit tertentu. Peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang 25 29 30 31 32 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi · Karakteristik gelombang bunyi, Fenomena dawai dan pipa organa, Cepat rambat gelombang bunyi, Azas Doppler, Intensitas dan taraf intensitas, Spektrum cahaya, Difraksi , Interferensi, Polarisasi, Teknologi LCD dan LED XI/Genap C3 Dilustrasikan Sebuah tali dengan Panjang,massa, tegangan. Peserta didik dapat menentukan frekuensi nada dasar tangga 26 33 C3 Diilustrasikan dalam sebuah pipa organa terbuka yang mempunyai panjangnya tertentu dan perut gelombang. Nada dari organ ini beresonansi dengan pipa organa lain yang tertutup dan membentuk titik simpul. Maka siswa dapat menentukan Panjang pipa organa tertutup 27 34 C3 Diilustrasikan Taraf intensitas suatu ledakan petasan mempunyai jarak tertentu. Peserta didik dapat menentukan Daya ledakan dari petasan 28 35 C3 Dilustrasikan sumber ledakan terdengar bunyi taraf intensitas dengan jarak tertentu. Peserta didik dapat menentukan taraf intensitas bunyi yang terdengar 29 36 C3 Diilustrasikan Sebuah dawai yang kedua ujungnya terikat erat digetarkan dengan mempunyai perut gelombang, maka peserta didik dapat menentukan getaran dawai 30 37 C3 Dilustrasikan sumber bunyi dengan frekuensi , kecepatan bunyi dan udara peserta didik dapat menentukan kecepatan gerak sumber bunyi. 31 38 C3 Dilustrasikan sebuah menara yang mempunyai dengan frekuensi bunyi , kecepatan bunyi dan udara peserta didik dapat menentukan kecepatan gerak sumber bunyi. 32 39 C3 Diilustrasikan cahaya di lewatkan pada sebuah kisi difraksi,maka akan dihasilkan orde spectrum pada layar.Peserta didik dapat menentukan Warna spectrum pusat 33 40 C3 Dilustrasikan cahaya dengan panjang gelombang pada celah ganda dan Lebar, jarak celah tertentu. Siswa dapat menentukan banyaknya garis terang pada layer 34 C3 Diilustrasikan Jarak garis gelap dari terang pusat pada difraksi dan jarak antar celah serta panjang gelombang cahaya siswa dapat menentukan nilai jarak 35 C3 Diilustrasikan Cahaya monokromatik dengan panjang gelombang ,spektrum orde, sudut. Peserta didik dapat menentukan jumlah garis per kisi 36 C3 Diilustrasikan percobaan interfrensi celah ganda dengan panjang gelombang dan jarak tertentu . Peserta didik dapat menentukan sudut deviasi 37 C3 Dilustrasikan cahaya sinar monokromatik dengan panjang gelombang , sudut tertentu. Siswa dapat menentukan lebar celah 38 C3 Diilustrasikan berkas sinar monokromatis dengan panjang gelombang, spektrum sudut devisi tertentu . Siswa dapat menentukan jumlah garis per cm kisi 39 C3 Dilustrasikan Seberkas cahaya dengan kisi difraksi, specktrum garis terang orde ,sudut tertentu. Siswa dapat menentukan Panjang gelombang 40 C2 Diberikan stimulus beberapa pernyataan contoh benda atau kejadian dalam kehidupan sehari hari. Siswa dapat mengkategorikan yang termasuk dalam dispensi cahaya 41 41 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa · Mata dan kaca mata, Kaca pembesar (lup), Mikroskop, Teropong, Kamera XI/Genap C3 Dilustrasikan mata normal mengamati sebuah benda dengan menggunakan sebuah lup dengan diketahui jarak titik api, Jarak antara benda dengan lup , Jarak antara mata dengan lup. Siswa dapat menentukan perbesaran sudutnya 42 42 C3 Diilustrasikan cahaya dengan Panjang gelombang, jarak tertentu dari celah ganda. Siswa dapat menentukan jarak antara dua buah garis terang berdekatan 43 43 C3 Dilustrasikan titik jauh sebuah mata myopi. Siswa dapat menentukan fokus kacamata yang harus dipakai supaya melihat benda yang sangat jauh 44 44 C3 Diilustrasikan mikroskop dengan jarak titik api, jarak dari obyektif, jarak antara obyektif dan okuler untuk mata yang tidak berakomodasi . Maka siswa dapat menentukan perbesarannya 45 45 C3 Dilustrasikan teropong panggung jarak obyektif dengan jarak titik api dan okuler yang berjarak titik untuk mata normal. Siswa dapat menentukan panjang maksimum teropong 46 46 C3 Diilustrasikan mikroskop dengan perbesarantertentu. Siswa dapat menentukan panjang fokus okulernya 47 47 C3 Diilustrasikan kaca mata dengan dioptri tertentu. Siswa dapat menentukan Titik dekat sebuah mata 48 48 C3 Diilustrasikan kaca mata dengan dioptri tertentu. Siswa dapat menentukan Titik jauh sebuah mata 49 49 50 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan · Efek rumah kaca,Emisi karbon dan perubahan iklim, Dampak pemanasan global, antara lain (seperti mencairnya es di kutub, perubahan iklim), Efisiensi penggunaan energi, Pencarian sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), Protokol Kyoto, Asia-Pacific Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC) XI/Genap C2 Diilustrasikan rancangan tugas proyeknya dibalik kertas bekas. Peserta didik dapat membedakan prinsip daur ulang 50 51 C2 Diberikan stimulus beberapa pernyataan proses terjadinya yang berhubungan dengan pemanasan global. Siswa dapat membedakan proses tersebut 51 52 C3 Diberikan stimulus pernyataan tentang pemanasan global. Siswa dapat menentukan yang ditanyakan 52 53 C3 Dilustrasikan sebuah data pohon dapat menghasilkan oksigen dan manusia memerlukan oksigen. Siswa dapat menentukan pohon yang harus ditanam 53 54 C2 Diberikan stimulus tentang faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya pemanasan global. Peserta didik mengkategorikan dapat faktor tersebut 54 55 C2 Diberikan pertanyaan tentang mengurangi pemanasan global. Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 55 56 C2 Diberikan stimulus tentang faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya pemanasan Diberikan stimulus tentang pernyataan upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi pemanasan global. Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 56 57 C2 Diberikan stimulus pernyatan penyebab terjadinya pemanasan . Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 57 58 C2 Diberikan stimulus pernyatan kebijakan sekolah untuk mengurangi pemanasan . Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 58 C2 Diberikan stimulus pernyataan dampak pemanasan . Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 59 C2 Diberikan stimulus pernyataan konferensi internasional. Peserta didik dapat menjelaskan tujuannya 60

No comments:

Post a Comment