Thursday, May 23, 2024

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah

Mata Pelajaran          : Fisika

Kelas                         : XI IPA 1-5

KISI-KISI BANK SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG SMA 





TAHUN PELAJARAN 2023/2024













Jenjang Sekolah  : SMA/MA

Kurikulum : K13

Mata Pelajaran : FISIKA

Jumlah Soal :60

Tahun Pelajaran : 2023/2024

Jurusan / Kelas : IPA/XI







NO KOMPETENSI DASAR LINGKUP MATERI KELAS / SEMESTER LEVEL KOOGNITIF INDIKATOR SOAL NOMOR SOAL
1 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika Hukum ke Nol, Hukum I Termodinamika ,   Hukum II Termodinamika,  Entropi XI/Genap C3 Diilustrasikan suatu gas memiliki volume pada keadaan isobarik pada tekanan tertentu, peserta didik dapat menentukan usaha 1
2       C3 Diilustrasikan suatu gas memiliki volume pada pada suhu dan tekanan tertentu, peserta didik dapat menentukan usaha 2
3       C3 Diilustrasikan mesin carnot mempunya suhu tertentu untuk menghasilkan energi mekanik yang menyerap kalor, peserta didik dapat menentukan usaha 3
4       C3 Diilustrasikan sebuah mesin carnot dengan suhu tertentu, Peserta didik dapat menentukan efisiensinya  4
5       C3 Disajikan sebuah reservoir grafik P-V dengan suhu tertentu yang dapat menyerap kalor, peserta didik dapat menentukan usaha 5
6       C2 Disajikan suatu pernyataan hukum termodinamika, Peserta didik mampu mengkategorikan pernyataan yang sesuai hukum tersebut 6
7       C3 Disajikan sebuah proses termodinamika grafik P-V , peserta didik dapat menentukan usaha 7
8       C2 Disajikan beberapa proses termodinamika , peserta didik dapat mengkategorikan yang termasuk proses termodinamika 8
9       C3 Disajikan sebuah grafik pada mesin carnot dengan suhu dan kalor tertentu peserta didik dapat menentukan usaha 9
10       C2 Disajikan beberapa pernyataan , Peserta didik dapat mengkategorikan konsep termodinamika 10
11 Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik Pemantulan, Pembiasan, Difraksi, Interferensi XI/Genap C2 disajikan beberapa contoh gelombang, peserta didik dapat mengkategorikan termasuk jenis gelombang mekanik  11
12    
C2 Disajikan beberapa contoh gelombang, peserta didik dapat mencirikan termasuk jenis gelombang  12
13    
C3 Diilustrasikan sebuah gelombang air terdapat dua titik yang berjarak yang mempunya bukit dan lembah. Peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang 13
14    
C3 Dilustrasikan sebuah gelombang dengan panjang tali, puncak, lembah dan laju rambat,  peseta didik dapat menentukan panjang dan frekuensi gelombang 14
15    
C2 isajikan ciri ciri gelombang , peseta didik dapat mencirikan yang termasuk gelombang mekanik 15
16    
C2 Disajikan sebuah gambar tentang frekuensi gelombang. Siswa dapat mengkategorikan bahaya radiasi gelombang pada manusia 16
17    
C3 Dilustrasikan sebuah gelombang dipermukaan sebuah danau terdapat dua buah gabus yang terpisah dengan jarak, Panjang lintasan dan frekuensi tertentu. peserta didik dapat menentukan  cepat rambat gelombang  17
18    
C2 Disajikan beberapa contoh gelombang. Peserta didik dapat mengkategorikan gelombang mekanik 18
19    
C2 Disajikan pernyatan tentang ciri gelombang. peserta didik dapat mencirikan gelombang 19
20  




23 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata Persamaan gelombang, Besaran-besaran fisis XI/Genap C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung terikat. Peseta didik dapat menentukan amplitudo dan besar simpangan 20
24       C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung bebas. Peseta didik dapat menentukan frekuensi dan besar simpangan 21
25       C3 Disajikan persamaan gelombang berjalan kekiri. Peseta didik dapat menentukan persamaan simpangan dan besar simpangan 22
26       C3 Disajikan persamaan gelombang stasioner ujung terikat. Peseta didik dapat menentukan panjang gelombang dan periode 23
27       C3 Disajikan persamaan gelombang berjalan kekiri. Peseta didik dapat menentukan  besar simpangan 24
28       C3 Dilustrasikan Sebuah sumber getar menimbulkan gelombang transversal dengan periode dan jarak dua bukit tertentu. Peserta didik dapat menentukan  cepat rambat gelombang 25
32  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi · Karakteristik gelombang bunyi, Fenomena dawai dan pipa organa, Cepat rambat gelombang bunyi, Azas Doppler, Intensitas dan taraf intensitas, Spektrum cahaya, Difraksi , Interferensi, Polarisasi, Teknologi LCD dan LED XI/Genap C3 Dilustrasikan Sebuah tali dengan Panjang,massa, tegangan. Peserta didik dapat menentukan frekuensi nada dasar tangga  26
33       C3  Diilustrasikan  dalam sebuah pipa organa terbuka yang mempunyai panjangnya tertentu dan perut gelombang. Nada dari organ ini beresonansi dengan pipa organa lain yang tertutup dan membentuk titik simpul. Maka siswa dapat menentukan  Panjang pipa organa tertutup 27
34       C3 Diilustrasikan Taraf intensitas suatu ledakan petasan mempunyai  jarak tertentu.  Peserta didik dapat menentukan Daya ledakan dari petasan  28
35       C3  Dilustrasikan sumber ledakan terdengar bunyi taraf intensitas dengan jarak tertentu. Peserta didik dapat menentukan  taraf intensitas bunyi yang terdengar 29
36       C3 Diilustrasikan Sebuah dawai yang kedua ujungnya terikat erat digetarkan dengan mempunyai perut gelombang, maka peserta didik dapat menentukan getaran dawai  30
37       C3 Dilustrasikan sumber bunyi dengan frekuensi , kecepatan bunyi dan udara  peserta didik dapat menentukan kecepatan  gerak sumber bunyi.  31
38       C3 Dilustrasikan sebuah menara yang mempunyai dengan frekuensi bunyi  , kecepatan bunyi dan udara  peserta didik dapat menentukan kecepatan  gerak sumber bunyi.  32
39       C3 Diilustrasikan cahaya di lewatkan pada sebuah kisi difraksi,maka akan dihasilkan orde spectrum pada layar.Peserta didik dapat menentukan Warna spectrum pusat 33
40       C3  Dilustrasikan cahaya dengan panjang gelombang pada celah ganda dan Lebar, jarak celah tertentu.  Siswa dapat menentukan banyaknya garis terang pada layer 34


    C3 Diilustrasikan Jarak garis gelap dari terang pusat pada difraksi dan  jarak antar celah serta panjang gelombang cahaya siswa dapat menentukan nilai jarak 35


    C3 Diilustrasikan Cahaya monokromatik dengan panjang gelombang ,spektrum orde, sudut. Peserta didik dapat menentukan jumlah garis per kisi  36


    C3 Diilustrasikan percobaan interfrensi celah ganda dengan panjang gelombang dan jarak tertentu .  Peserta didik dapat menentukan sudut deviasi  37


    C3  Dilustrasikan  cahaya sinar monokromatik dengan panjang gelombang , sudut tertentu. Siswa dapat menentukan lebar celah  38


    C3  Diilustrasikan berkas sinar monokromatis dengan panjang gelombang, spektrum sudut devisi  tertentu .  Siswa dapat menentukan jumlah garis per cm kisi 39


    C3 Dilustrasikan Seberkas cahaya dengan kisi difraksi, specktrum garis terang orde ,sudut tertentu. Siswa dapat menentukan Panjang gelombang  40


    C2 Diberikan stimulus beberapa pernyataan contoh benda atau kejadian dalam kehidupan sehari hari.  Siswa dapat mengkategorikan yang termasuk dalam dispensi cahaya 41


   


             
41   Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa · Mata dan kaca mata, Kaca pembesar (lup), Mikroskop, Teropong, Kamera XI/Genap C3 Dilustrasikan mata normal mengamati sebuah benda dengan menggunakan sebuah lup dengan diketahui jarak titik api, Jarak antara benda dengan lup , Jarak antara mata dengan lup.  Siswa dapat menentukan perbesaran sudutnya 42
42       C3  Diilustrasikan cahaya dengan Panjang gelombang, jarak tertentu dari celah ganda. Siswa dapat menentukan jarak antara dua buah garis terang  berdekatan 43
43       C3 Dilustrasikan titik jauh sebuah mata myopi.  Siswa dapat menentukan fokus kacamata yang harus dipakai supaya melihat benda yang sangat jauh 44
44       C3 Diilustrasikan mikroskop dengan jarak titik api, jarak dari obyektif, jarak antara obyektif dan okuler untuk mata yang tidak berakomodasi .  Maka siswa dapat menentukan perbesarannya  45
45       C3 Dilustrasikan  teropong panggung jarak  obyektif dengan jarak titik api dan okuler yang berjarak titik untuk mata normal.  Siswa dapat menentukan panjang maksimum teropong 46
46       C3  Diilustrasikan mikroskop dengan perbesarantertentu. Siswa dapat menentukan panjang fokus okulernya 47
47       C3 Diilustrasikan kaca mata dengan dioptri tertentu.  Siswa dapat menentukan Titik dekat sebuah mata  48
48       C3 Diilustrasikan kaca mata dengan dioptri tertentu.  Siswa dapat menentukan Titik jauh sebuah mata  49
49      


50   Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan · Efek rumah kaca,Emisi karbon dan perubahan iklim, Dampak pemanasan global, antara lain (seperti mencairnya es di kutub, perubahan iklim), Efisiensi penggunaan energi, Pencarian sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), Protokol Kyoto, Asia-Pacific Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC) XI/Genap C2 Diilustrasikan rancangan tugas proyeknya dibalik kertas bekas.  Peserta didik dapat membedakan prinsip daur ulang 50
51       C2 Diberikan stimulus beberapa pernyataan proses terjadinya yang berhubungan dengan pemanasan global. Siswa dapat membedakan proses tersebut 51
52       C3 Diberikan stimulus pernyataan tentang pemanasan global. Siswa dapat menentukan yang ditanyakan 52
53       C3 Dilustrasikan sebuah data pohon dapat menghasilkan oksigen dan manusia memerlukan oksigen. Siswa dapat menentukan pohon yang harus ditanam 53
54       C2 Diberikan stimulus tentang faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya pemanasan global. Peserta didik mengkategorikan dapat faktor tersebut 54
55       C2 Diberikan pertanyaan tentang  mengurangi pemanasan global.  Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 55
56       C2 Diberikan stimulus tentang faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya pemanasan Diberikan stimulus tentang pernyataan upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi pemanasan global.  Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 56
57       C2 Diberikan stimulus pernyatan penyebab terjadinya pemanasan .  Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 57
58       C2 Diberikan stimulus pernyatan kebijakan sekolah untuk mengurangi  pemanasan .  Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 58
        C2 Diberikan stimulus pernyataan dampak  pemanasan .  Peserta didik dapat membedakan jawaban yang benar dan salah 59
        C2 Diberikan stimulus pernyataan konferensi internasional. Peserta didik dapat menjelaskan tujuannya 60
             










































 

No comments:

Post a Comment