Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XII IPA 1
Jam : 1 jam 0700- 08 45
Kompetensi
Dasar : KD 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan
listrik searah (DC) berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
KD 4.1 Melakukan percobaan prinsip kerja rangkaian
listrik searah (DC) dengan metode ilmiah berikut presentasi hasil.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, dengan metode
discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:
Memahami arus listrik dan pengukurannya, memahami Hukum Ohm, menjelaskan arus listrik dalam rangkaian tertutup, menganalisis hambatan sepotong kawat penghantar, menganalisis rangkaian hambatan, menganalisis gabungan sumber tegangan listrik, memahami Hukum II Kirchoff,, menganalisis energi dan daya listrik, menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah
(DC) dalam kehidupan sehari-hari, membuat percobaan tentang rangkaian listrik searah, menyajikan hasil percobaan tentang rangkaian listrik
searah baik lisan maupun tulisan secara sistematis
Listrik Arus Searah (DC)
Listrik Arus Searah merupakan aliran elektron dari titik yang
potensialnya lebih tinggi ke titik yang potensialnya lebih rendah. Arus listrik
searah hanya mengalir ke satu arah ( Direct Current) sehingga arus searah
disebut juga arus DC.
A.
Kuat Arus Listrik
I = Q / t
Kuat Arus listrik didefenisikan sebagai banyak
muatan yang mengalir per detik pada suatu penghantar. I = q/t
dengan I : kuat Arus (Ampere)
Muatan (Q) yang mengalir adalah elektron. Muatan elektron (e) = -1,6 x 10-19 C. Jika sejumlah n elektron mengalir maka jumlah muatan yang mengalir pada konduktor : Q = n e
No comments:
Post a Comment