Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X IPA 4 jam ke 5 dan 6
Kompetensi Dasar : KD 3.11 Menerapkan konsep dan prinsip momentum, impuls dan tumbukkan dalam tekhnologi.
Momentum,
Impuls dan Tumbukkan
Demonstrasikan
Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti
pembelajarakan siswa mampu menerapkan konsep dan perinsip momentum, impuls dan
tumbukkan dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Alat dan Bahan : Bola pimpong, bola
basket, stop wach, neraca pegas, neraca elektrik dan lain-lain.
B.
Dasar Teori :
Momentum adalah merupakan besaran
vektor yang menyatakan massa di kali kecepatan atau P = m.v
P = Momentum ( kg m/s)
m= Massa (kg) dan v = kecepatan
(m/s)
v
Impuls (I) adalah perubahan momentum ∆P = m. Vt-
m.vo atau I = F.∆t . Dilihat dari momentum akhir dan momentum awal.
Tumbukkan adalah peristiwa saling
tumbukkan antara benda satu dengan benda yang lain berlaku hukum kekekalan
momentum :
m1v1 + m2 v2 = m1 v1”
+ m2 v2”
(a) Tumbukkan
lenting sempurna berlaku hukum kekalan Energi kinetik berlaku hukum kekalan
momentum
(b) Tumbukkan
lenting sebagian berlaku hukum kekalan
momentum
(c) Tumbukkan
tidak lenting sama sekali setelah tumbukkan benda bersatu : m1v1 + m2 v2 = (m1
+m2) v”
c. Prosedur Kerja
Langkah-langkah yang perlu di kerjakan pada
percobaan
(1) Timbang massa bola kemudian lempar bola selang
waktu tertentu bisa dihitung momentum benda
(2) Diulang untuk beberapa bola secara teratur
(3) Lakukan Tumbukan antara bola pimpong/bola
basket
(4) Lakukan Tumbukkan antara bola pimpong/ basket
dengan plestisin
(5) Manakah termasuk lenting sempurna, lenting
sebagian dan tidak lenting sama sekali.
C.
Timbang massa bola kasti = ..... massa bola pimpong = .... massa bola
plestisin= .... Jika percepatan
gravitasi= 10 m/s2 maka F = W
= Gaya berat =.m x g.
F bola kasti= .... F bola pimpong
= .... F bola plestisin =....
Selang waktu t ? ....
Impuls atau ∆P = F x ∆t
Hitung Impuls bola kasti = ....
Impuls bola pimpong= .... Impuls bola plestisin=....
D.
Kesimpulan
Kesimpulan dari demonstrasi
.............................
No comments:
Post a Comment