Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XI IPA 4 jam ke 3 dan 4
Kompetensi Dasar : KD 3.7 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika'
KD 4.7 Membuat karya atau model penerapan hukum I dan II Termodinamika berikut presentasi makna fisisnya'
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: Menganalisis
pengukuran suhu badan dengan termometer (Hukum ke-Nol) melalui pengamatan, menganalisis
gerakan piston pada motor bakar (Hukum I Termodinamika) dan entropi melalui
pengamatan, menjelaskan hasil pengamatan
terkait Hukum ke-Nol, Hukum I dan II Termodinamika, merancang pemecahan masalah tentang siklus
mesin kalor, siklus Carnot sampai dengan teori Clausius Clayperon), entropi, menganalisis
hubungan tekanan (P), volume (V) dan suhu (T) dari mesin kalor dan siklus
Carnot dalam diagram P-V, mempresentasikan
hasil penyelesaian masalah tentang siklus mesin kalor, mempresentasikan hasil penyelesaian masalah
tentang siklus Carnot sampai dengan teori Clausius-Clayperon, mempresentasikan hasil penyelesaian masalah
tentang grafik p-V dari siklus mesin kalor dan mesin Carnot
Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Assalamu'alaikum wr.wb.. Kita lanjut belajar termodinamika di buku Halaman 174-178
2.Kemudian Siswa membaca buku di halaman 174-178
3. Berdiskusi dengan peserta didik dengan mengamati power point dan membahas soal
4. Sebagai tugas akhir pewmbelajaran bersama siswa membahas soal, Penilaian diberikan saat keaktifan siswa dalam membahas soal
5. Penutup Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini Hukum I Termodinamika dan Hukum II Termodinamika.
No comments:
Post a Comment