Guru Mata Pelajaran : Roudatul jannah, SP
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : XII IPA 1
Jam : 1 dan 2
KD 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
KD 4.1 Melakukan percobaan prinsip kerja rangkaian listrik searah (DC) dengan metode ilmiah berikut presentasi hasil percoba
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, dengan metode discovery Learning peserta didik diharapkan dapat:
Memahami arus listrik dan pengukurannya, memahami Hukum Ohm, menjelaskan arus listrik dalam rangkaian tertutup, menganalisis hambatan sepotong kawat penghantar, menganalisis rangkaian hambatan, menganalisis gabungan sumber tegangan listrik, memahami Hukum II Kirchoff,, menganalisis energi dan daya listrik, menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari, membuat percobaan tentang rangkaian listrik searah, menyajikan hasil percobaan tentang rangkaian listrik searah baik lisan maupun tulisan secara sistematis
Assalamu'alaikum wr.wb. Kita Lanjut materinya ya
PRAKTIKUM I
Hukum Ohm, Rangkaian Seri, dan Rangkaian Paralel
Tujuan Pembelajaran : menyelidiki hambatan dan hukum ohm, dan Rangkaian seri dan Paralel,
Alat : Kawat tembaga yang panjang tertentu, amperemeter, beberapa kawat tembaga yang panjangnya sama dengan luas penampang berbeda , penjepit , amperemeter, voltmeter, dan sumber tegangan (baterai)
Langkah Kerja:
1. Menyusun peralatan seperti pada skema berikut
2. Dengan menggeser posisi penjepit ukurlah dengan teliti panjang kawat (l) yang dilalui oleh Arus listrik
3. Catatlah panjang kawat , angka yang ditunjukkan oleh amperemeter (A) dan voltmeter (V)
4. Tulislah hasil pengamatan pada tabel berikut
Panjang kawat (l) | Kuat Arus (I) | Tegangan (V) | V/I |
5. Buatlah Rangkaian Listrik secara seri / paralel, seperti gambar di bawah ii
2. Apakah grafik (V/I) terhadap I/Ayang kamu buat berbentuk lurus melalui titik (0.0)
3. Apa yang terjadi pada rangkaian seri / paralel apa manfaat dan kerugiannya..
.
TERIMA KASIH
No comments:
Post a Comment