Guru Mata Pelajaran : Roudatul Jannah, SP
Mata Pelajarn : Fisika
Kelas : XII IPA 2 jam 3 dan 4 jam 08.30 -09.15 sesi I dan sesi II jam 12.45- 13.15 Kompetensi Dasar : KD 3.7 Menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dengan energi dalam teori relativitas khusus
KD 4.7 Mempresentasikan konsep relativitas tentang panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energi
Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat Mengidentifikasi data tentang teori relativitas khusus melalui berbagai sumber belajar, menganalisis perbedaan antara fenomena yang terjadi pada benda yang bergerak relatif terhadap pengamat diam dan pengamat bergerak, menganalisis besaran panjang, waktu, massa, dan energi dikaitkan dengan teori relativitas khusus, menjelaskan tentang besaran panjang, waktu, massa, dan energi dikaitkan dengan teori relativitas khusus dalam bentuk peta konsep, mempresentasikan konsep relativitas tentang panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energy
Menurut teori ini, jika benda bergerak mendekati kecepatan cahaya, maka panjang benda seolah-olah tampak memendek (kontraksi panjang). Apabila diukur oleh pengamat yang diam terhadap benda tersebut, relativitas p
anjang bisa dirumuskan sebagai berikut:
3. Relativitas Massa
Jadi, kalau kata Einstein, nih, massa benda yang bergerak (m) akan lebih besar daripada massa benda tersebut saat diam (mo). Rumusnya adalah sebagai berikut:
4. Relativitas Waktu (Dilatasi Waktu)
Merupakan waktu yang diukur oleh sebuah jam yang bergerak terhadap kejadian lebih besar daripada jam yang diam terhadap kejadian. Relativitas waktu bisa dirumuskan sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment