Kelas : XII IPS 1,2.3
PANITIA MID SEMESTER
YAYASAN AL-AZHAR LAMPUNG
Jl. M. Nur No.1 Kota Sepang Way Halim Bandar Lampung
Mata Pelajaran
: Fisika Lintas Minat Nama
:...............................
Kelas : XII IPS No
Ujian :.................................
Kerjakan Soal
dibawah ini dengan benar!
1. Elektron yang bergerak dengan kecepatan 5×104 m/s sejajar dengan kawat yang
berarus 10 A pada jarak 1 cm dari
kawat akan mendapat gaya .... (dik. e =1,6×10-19 C ,)
2. Besar gaya yang dialami seutas
kawat lurus berarus listrik di dalam suatu medan
magnet yang serba sama (homogen)
tidak bergantung pada ….
3. Pada sebuah kawat sejajar yang
masing – masing dialiri arus listrik yang sama
besar,timbul gaya yang besarnya 2
x 10-7 Newton. Jarak antara
kedua kawat itu 1 meter.
Besar arus dalam setiap kawat
adalah ....
4. Jelaskan proses terjadinya induksi
elektromagnetik
5. Besar Induksi magnet di pusat kumparan melingkar
berarus 5A adalah 4π x10-5 T kumparan terdiri 8 lilitan Tentukan
jari-jari Lingkaran
6. Sebutkan pemanfaatan induksi elektromagnetik
dalam kehidupan sehari-hari?
KUNCI
JAWABAN
Mata Pelajaran : Fisika LM
Mata Pelajaran : Fisika LM
Kelas : X ii IPS 1,2,3
1.
Dik q= 1,6 x 10-19 C
(elektron) Skor
total (20)
V= 5 x 104
m/s
I= 10 A
r = 1 cm = 10-2
m
Dit F? B= ɥo. I/ 2π. r
= 4π . 10-7 x 10/2π. 10-2
= 2. 10-4
wb
F = B. q..v
= 2. 10-4
. 1,6x 10-19 . 5x104
= 1,6 x 10-18
N
2, Posisi kawat di dalam
magnet Skor
(7)
3.
Dik F = 2x 10-7 N Skor (20)
ɭ = 1m
Bit I ? I = F/ 2. B . ɭ
= 2x 10-7/2
10-7 .
= 1Ampere
4.
Induksi elektromagnetik Skor (18)
a.
Ketika magnet diam. Jarum
galvanometer juga diam
b.
Ketika magnet dimasukkan ke dalam
kumparan jarum galvanometer bergerak ke kanandan
c.
Ketika magnet dikeluarkan dari dalam
kumparan jarum galvanometer bergerak ke kiri
5.
Dik : I = 5 Ampere Skor
(20)
B = 4π x 10-5
T
N = 8 Lilitan
Dit r ? B
r
r =
20 .10-2 m= 0,2 m
6.
Pemanfaatan induksi elektromagnetik Skor (15)
a.
Generator untuk Pembangkit Listrik baik , Generator arus AC maupun DC
b.
Dinamo arus AC dan DC
c.
Transformator (trafo)k
No comments:
Post a Comment